01831 2200193 4500001002100000005001500021008004100036020002200077035001900099041000700118082001100125090001100136100002500147245006600172250002300238260003100261500132100292650002401613INLIS00000000001786420201229185217201229||||||||| | ||| |||| || |  a978-602-217-504-9 0010-1220017864 aid0 a371.36 a371.360 aRIDWAN ABDULLAH SANI00aBuku Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013 ake -2 - tahun 2014 aJakartabBumi Aksarac2018 almplementasi kurikulum 2013 membutuhkan perubahan paradigm pembelajaran dari pembelajaran konvensional yang hanya dilakukan di kelas, menjadi pembelajaran yang mengaktifkan siswa untuk menggunakan aneka sumber belajar yang dapat diperoleh di luar kelas. Buku ini menjelaskan tentang pembelajaran saintifik yang seharusnya digunakan dalam implementasi kurikulum 20'13 yang mencakup lima aktivitas belajar, yakni: mengamati, bertanya, melakukan percobaan atau mencari informasi, melakukan penalaran atau asosiasi untuk mengolah informasi dan mengembangkan jaringan atau mengomunikasikan hasil investigasi. Karakteristik pembelajaran tersebut merupakan kunci untuk menghasilkan siswa yang kreatif dan inovatif, Penulis menjelaskan tentang model, strategi, dan metode pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan pembelaiaran saintifik, Pembelajaran yang dibahas terutama adalah pembelajaran penemuan discovery learning, pembelajaran berbasis masalah problem based learning, dan pembelajaran berbasis proyek project based learning. Penjelasan yang rinci disertai contoh pembelajaran yang relevan diberikan untuk memudahkan pembaca memahami model dan metode pembelajaran tersehut. Buku ini juga memuat penjelasan tentang penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus digunakan dalam implementasi kurikulum 2013. 0aMetode Pembelajaran